Ilustrasi

Olahraga Pagi Saat Berpuasa, Sehat atau Lesu?

29 June 2016 Author :  

Bulan Ramadhan telah tiba, hal ini menjadi salah satu kebahagiaan bagi umat muslim. Tubuh kita yang biasanya membutuhkan makan sehari 3 kali, kini saat berpuasa seluruh organ tubuh mulai menyesuaikan diri. 

SMAN65JKT.SCH.ID - Bulan Ramadhan telah tiba, hal ini menjadi salah satu kebahagiaan bagi umat muslim. Tubuh kita yang biasanya membutuhkan makan sehari 3 kali, kini saat berpuasa seluruh organ tubuh mulai menyesuaikan diri. Saat berpuasa, tubuh memproduksi energy sendiri dengan cara membakar nutrisi yang sudah tersimpan dalam tubuh. Keseimbangan dalam tubuh juga mulai disesuaikan. Untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh yang kita butuhkan adalah berolahraga. Tetapi olahraga pagi membuat kita sehat atau lesu ya?

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh baik ketika puasa maupun hari-hari biasa. Olahraga dapat menghindarkan kita dari rasa lemas dan lesu selama puasa karena dapat membantu metabolisme tubuh agar tetap berjalan optimal selama puasa. Untuk olahraga pagi tentunya sangat dianjurkan karena mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. Olahraga yang dilakukan saat puasa tidak bertujuan untuk menguras keringat sebanyak-banyaknya, tetapi lebih kepada menjaga keseimbangan tubuh dan membuat tubuh tetap fit serta kerja jantung yang tetap teratur.

Puasa tentunya bukan menjadi pantangan untuki tetap berolahraga, tapi tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berolahraga di bulan puasa. Seperti jenis olahraganya dan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Banyak sebagian dari kita yang berpikir bahwa olahraga pagi ketika puasa akan menguras energi dan pada akhirnya kita tidak akan kuat untuk puasa seharian karena sudah terkuras tenaganya di pagi hari. Benarkah demikian?

Jenis olahraga yang dapat dilakukan pada saat berpuasa adalah jenis olahraga yang ringan atau Low Impact. Contoh olahraga yang bisa dilakukan saat puasa yaitu jalan-jalan pada pagi hari selama tiga puluh menit, bersepeda keliling komplek selama tiga puluh menit atau senam kecil yang bisa dilakukan lima belas menit. Hindari olahraga berat seperti lari atau olahraga permainan seperti bola saat puasa. Olahraga berat bisa menguras energi dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga kekurangan cairan.

Para pakar kesehatan menyarankan untuk tetap olahraga saat puasa karena banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari aktivitas ini. Gerakan-gerakan saat berolahraga akan merangsang keluarnya hormon antiinsulin yang salah satu fungsinya melepaskan gula darah, yang membuat kita tetap berenergi. Olahraga juga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening, sehingga detoksifikasi dalam tubuh tetap berjalan lancar.

Ketika berpuasa tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada didalam tubuh untuk membentuk energi. Ketika olahraga, lemak inilah yang dibakar. Olahraga tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan khususnya bagi orang yang mempunyai berat badan yang berlebih. Usahakan juga untuk tetap menjaga pola makan yang baik ketika berpuasa. Berbukalah secukupnya dan ketika sahur usahakan untuk makan yang bergizi dan penuhi cairan tubuh dengan baik.

Pada intinya, berolahraga pagi ketika puasa bukan membuat kita menjadi lesu, justru akan membuat tubuh menjadi segar dan stamina tetap terjaga tentunya dengan memperhatikan jenis olahraganya. Mungkin hari pertama ketika melakukan olahrga di pagi hari tubuh kita akan menjadi kaget dan sedikit lemas, tetapi itu adalah awal dari penyesuaian tubuh kita. Insya Allah seterusnya tubuh kita menjadi terbiasa. Agar tidak lemas sehabis olahrga, maka cukupkanlah asupan air dalam tubuh ketika sahur, seperti makan buah dan minum air putih.

Sumber : Muslimahdaily.com 

107059 Views
SMAN65JKT.SCH.ID
Top