VISI DAN MISI

I. VISI

“ PELAJAR BERIMAN BERKARAKTER ASRI DAN TANGGUH “. (“PIKAT”)

INDIKATOR PENCAPAIAN VISI

  1. PELAJAR
    1. Menjadi pelajar sepanjang hayat.
    2. Memiliki prestasi Akademik, sebagai berikut:
      1. Memperoleh Nilai UTBK diatas 500.
      2. Memperoleh peringkat UTBK Nasional pada 100 besar.
      3. Memperoleh juara KSN minimal tingkat Provinsi.
      4. Keberterimaan di PTN dan sekolah kedinasan di atas 90%.
    3. Peserta didik memiliki prestasi Non-Akademik.
  2. BERIMAN

1. Menjadi Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan

berakhlak mulia, yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

C. BERKARAKTER
1. Menjadi Pelajar Indonesia yang memiliki Karakter Profil Pelajar Pancasila.

1) Menjadi Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

  1. Akhlak beragama
    1. a)  Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa.
      Menerapkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dalam ritual ibadahnya baik ibadah yang bersifat personal maupun sosial.
    2. b)  Pemahaman Agama/ Kepercayaan.
      Memahami struktur organisasi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, memahami kontribusi agama/kepercayaan terhadap peradaban dunia.
    3. c)  Pelaksanaan Ritual Ibadah.
      Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri serta menyadari arti penting ibadah tersebut dan berpartisipasi aktif pada kegiatan keagamaan atau kepercayaan.
  2. Akhlak pribadi
    1. a)  Integritas. Menyadari bahwa aturan agama dan sosial merupakan aturan yang baik dan menjadi bagian dari diri sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan kontekstual.
    2. b)  Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual.
      Melakukan aktivitas fisik, sosial, dan ibadah secara seimbang

c. Akhlak kepada manusia

  1. a)  Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan. Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, memberikan alternatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan mengutamakan kemanusiaan.
  2. b)  Berempati kepada orang lain.
    Memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain.
  1. Akhlak kepada alam
    1. a)  Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi. Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat ia tinggal dan melakukan langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya.
    2. b)  Menjaga Lingkungan Alam Sekitar.
      Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada.
  2. Akhlak bernegara.

a) Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia.

Menggunakan hak dan melaksanakan kewajiban kewarganegaraan dan terbiasa mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.

2) Menjadi Pelajar Indonesia yang berkebinekaan global, yaitu: mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, dan berkeadilan sosial.

  1. Mengenal dan menghargai budaya.
    1. a)  Mendalami budaya dan identitas budaya
      Menganalisis pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas, termasuk identitas dirinya. Mulai menginternalisasi identitas diri sebagai bagian dari budaya bangsa.
    2. b)  Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Menganalisis dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam rentang waktu yang panjang dan konteks yang luas.
    3. c)  Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya. Mempromosikan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung serta menunjukkannya dalam perilaku.
  2. Komunikasi dan interaksi antar budaya.
    1. a)  Berkomunikasi antar budaya
      Menganalisis hubungan antara bahasa, pikiran, dan konteks untuk memahami dan meningkatkan komunikasi antarbudaya yang berbeda-beda.
    2. b)  Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif.
      Menyajikan pandangan yang seimbang mengenai permasalahan yang dapat menimbulkan pertentangan pendapat. Memosisikan orang lain dan budaya yang

berbeda darinya secara setara, serta bersedia memberikan pertolongan ketika

orang lain berada dalam situasi sulit.
c. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

  1. a)  Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.
    Merefleksikan secara kritis dampak dari pengalaman hidup di lingkungan yang beragam terkait dengan perilaku, kepercayaan serta tindakannya terhadap orang lain.
  2. b)  Menghilangkan stereotip dan prasangka.
    Mengkritik dan menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa serta berinisiatif mengajak orang lain untuk menolak stereotip dan prasangka.
  3. c)  Menyelaraskan perbedaan budaya.
    Mengetahui tantangan dan keuntungan hidup dalam lingkungan dengan budaya yang beragam, serta memahami pentingnya kerukunan antar budaya dalam kehidupan bersama yang harmonis.

d. Berkeadilan sosial.

  1. a)  Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan. Berinisiatif melakukan suatu tindakan berdasarkan identifikasi masalah untuk mempromosikan keadilan, keamanan ekonomi, menopang ekologi dan demokrasi sambil menghindari kerugian jangka panjang terhadap manusia, alam ataupun masyarakat.
  2. b)  Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan Bersama.
    Berpartisipasi menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka secara mandiri
  3. c)  Memahami peran individu dalam demokrasi
    Memahami konsep halk dan kewajiban, serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai mencari solusi untuk dilema terkait konsep hak dan kewajibannya.

3) Menjadi Pelajar Indonesia yang bergotong royong, yaitu: kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

a. Kolaborasi

  1. a)  Kerja sama Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan.
  2. b)  Komunikasi untuk mencapai tujuan Bersama. Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan Bersama.
  3. c)  Saling ketergantungan positif
    Menyelaraskan kapasitas kelompok agar para anggota kelompok dapat saling membantu satu sama lain memenuhi kebutuhan mereka baik secara individual maupun kolektif.

d) Koordinasi Sosial
Menyelaraskan dan menjaga tindakan diri dan anggota kelompok agar sesuai antara satu dengan lainnya serta menerima konsekuensi tindakannya dalam rangka mencapai tujuan Bersama.

  1. Kepedulian
    1. a)  Tanggap terhadap lingkungan Sosial. Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik.
    2. b)  Persepsi sosial
      Melakukan Tindakan yang tepat agar orang lain merespon sesuai dengan yang diharapkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan dan pencapaian tujuan.
  2. Berbagi
    Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang- orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas (negara, dunia).

4) Menjadi Pelajar Indonesia yang mandiri, yaitu: pemahaman diri dan situasi yang dihadapi dan regulasi diri.

  1. Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi.
    1. a)  Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
    2. b)  Mengembang kan refleksi diri
  2. Regulasi diri.
    1. a)  Regulasi emosi
      Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan.
    2. b)  Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya.
      Mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran digunakannya, serta menetapkan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri secara spesifik dan merancang strategi yang sesuai untuk menghadapi tantangantantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa depan.
    3. c)  Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri.
      Menentukan prioritas pribadi, berinisiatif mencari dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai tujuan di masa depan.
    4. d)  Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri.
      Melakukan tindakan tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan karir dan pengembangan dirinya di masa depan, serta berusaha mencari dan melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika menemui hambatan.
    5. e)  Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif
      Menyesuaiakan dan mulai menjalankan rencana dan strategi pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan minat dan tuntutan pada konteks belajar maupun pekerjaan yang akan dijalaninya di masa depan, serta berusaha untuk mengatasi tantangan-tantangan yang ditemui.

5) Menjadi Pelajar Indonesia yang bernalar kritis, yaitu: memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya, dan merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.

  1. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan.
    1. a)  Mengajukan pertanyaan.
      Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak.
    2. b)  Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan. Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis.
  2. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya.

a) Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam

menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan. c. Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.

a) Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.
Menjelaskan alasan untuk mendukung pemikirannya dan memikirkan pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya dan mengubah pemikirannya jika diperlukan.

6) Menjadi Pelajar Indonesia yang kreatif, yaitu: menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

  1. Menghasilkan gagasan yang orisinal. Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya, menilai gagasannya, serta memikirkan segala risikonya dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan ketika gagasannya direalisasikan.
  2. Menghasilkan karya dan Tindakan yang orisinal.
    Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampak dan risikonya bagi diri dan lingkungannya dengan menggunakan berbagai perspektif.
  3. Memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.

2. Menjadi Pelajar Indonesia yang memenuhi Standar Kompetensi Lulusan Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022, sebagai berikut:

  1. 1)  menyayangi dirinya, menghargai sesama dan melestarikan alam semesta sebagai wujud cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius dan spiritualitas sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianut, memahami sepenuhnya ajaran agama secara utuh, rutin melaksanakan ibadah dengan penghayatan, menegakkan (mengedepankan) integritas dan kejujuran, pembelaan pada kebenaran, pelestarian alam, menyeimbangkan kesehatan jasmani, mental, dan rohani, serta pemenuhan kewajiban dan hak sebagai warga negara;
  2. 2)  mengekspresikan dan bangga terhadap identitas diri dan budayanya, menghargai dan menempatkan keragaman masyarakat dan budaya nasional dan global secara setara dan

adil, aktif melakukan interaksi antarbudaya, menolak stereotip dan diskriminasi, serta

berinisiatif untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia;

  1. 3)  menunjukkan sikap aktif mendorong perilaku peduli dan berbagi, serta kemampuan berkolaborasi lintas kalangan di lingkungan terdekat, lingkungan sekitar, dan masyarakat luas;
  2. 4)  menunjukkan perilaku bertanggung jawab, melakukan refleksi, berinisiatif dan merancang strategi untuk pembelajaran dan pengembangan diri, serta terbiasa beradaptasi dan menjaga komitmen untuk meraih tujuan;
  3. 5)  menunjukkan perilaku berbudaya dengan menyampaikan gagasan orisinal, membuat tindakan dan karya kreatif yang terdokumentasikan, serta senantiasa mencari alternatif solusi masalah di lingkungannya;
  4. 6)  menunjukkan kemampuan menganalisis permasalahan dan gagasan yang kompleks, menyimpulkan hasilnya dan menyampaikan argumen yang mendukung pemikirannya berdasarkan data yang akurat;
  5. 7)  menunjukkan kemampuan dan kegemaran berliterasi berupa mengevaluasi dan merefleksikan teks untuk menghasilkan inferensi kompleks, menyampaikan tanggapan atas informasi, serta menulis ekspositori maupun naratif dengan berbagai sudut pandang; dan
  6. 8)  menunjukkan kemampuan numerasi dalam bernalar menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diri, lingkungan terdekat, masyarakat sekitar, dan masyarakat global.
  1. ASRI
    1. Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi. Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat ia tinggal dan melakukan langkah- langkah konkret yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya.
    2. Menjaga Lingkungan Alam Sekitar.
      Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada.
    3. Terlibat dalam mewujudkan sekolah adiwiyata: peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.
  2. TANGGUH
    1. Berusaha dan bertanggung jawab mengatasi tantangan-tantangan yang ditemuinya.
    2. Berdasarkan pengetahuan kuat dalam pendiriannya.
    3. Tabah, tahan, kukuh, dan penuh juang dalam menghadapi berbagai tantangan.
    4. Sukar dikalahkan, kuat, dan handal dalam persaingan global.

II. MISI

  1. Meningkatkan prestasi Akademik dan Non Akademik.
  2. Pemenuhan sarana prasara sekolah yang mendukung kondusifitas belajar.
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya sekolah.
  4. Membudayakan sikap dan perilaku yang menunjukkan karakter Profil Pelajar Pancasila.
  5. Menguatkan kemampuan literasi dan numerasi.
  6. Memaksimalkan keberterimaan PTN dan Sekolah Kedinasan diatas 90%.
  1. Mengupayakan peringkat nilai UTBK Nasional pada 100 besar.
  2. Melatih keterampilan hidup.
  3. Meningkatkan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada pilihan Mandiri Berbagi.

III. TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan bermartabat, bersikap dan berperilaku sesuai dengan Karakter Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan berprestasi.
  3. Menghasilkan lulusan diatas 90% diterima diberbagai PTN atau Sekolah Kedinasan.
  4. Menghasilkan lulusan memiliki keterampilan hidup untuk hidup mandiri.
  5. Mengantarkan lulusan menjadi bagian dari Generasi Emas 2045.

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest